Rahasia Korsel Punya Kecepatan Internet 'Dewa'

Jakarta - Korea Selatan hampir selalu menempati posisi teratas negara dengan koneksi internet tercepat. Dalam penelitian terbaru oleh Akamai, perusahaan cloud dan internet monitoring, Korsel dinobatkan punya internet rata-rata terkencang, 24,6 Mbps. Apa resep negeri Ginseng ini?

Salah satunya adalah niat yang kuat dan perencanaan yang benar-benar matang oleh pemerintah. Sejak tahun 1990-an, Korea Selatan rupanya sudah memprioritaskan perkembangan internet untuk memajukan negaranya.


Peran pemerintah memang begitu penting dalam pengembangan koneksi internet. Menurut Robert Faris, direktur riset di Harvard, pemerintah Korsel berhasil memenuhi keinginan warganya akan internet kecepatan tinggi dan selain itu, menyediakan intensif agar bisa diakses semua orang.


"Perbedaan besarnya adalah Korea melakukan gerakan besar untuk mengekspansi internet di negara itu. Mereka ingin menjadi sangat bagus soal internet. Banyak uang pemerintahan diberikan untuk pengembangannya," kata Taylor Reynolds, ekonom di lembaga OECD.


Faktor yang lain adalah kepadatan populasi di Korea Selatan. Banyaknya populasi penduduk di satu tempat memang memudahkan pembangunan infrastruktur internet yang punya koneksi cepat sekaligus lebih murah biayanya.


Menurut OECD, 94% masyarakat di Korea Selatan punya internet koneksi cepat. Hal ini dipicu pemerintah setempat yang mendorong warga mempunyai komputer dan internet, dengan memberikan subsidi harga koneksi pada warga berpendapatan rendah.


Salah satu program pemerintah adalah dengan meminta ibu rumah tangga agar belajar komputer dan akrab dengan internet kecepatan tinggi. Kemudian memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.Next


(fyk/ash)