Dikenal 'Angker', Huawei Berani Masuk Kandang Samsung

Seoul - Pasar ponsel Korea Selatan dikenal angker, karena pemain dari luar negeri susah bersaing. Tanyakan saja pada Motorola, HTC atau BlackBerry yang sudah mencoba berbisnis di sana, tetapi akhirnya tutup karena tidak mampu bersaing dengan raja ponsel lokal.

Akan tetapi kenyataan itu tidak membuat gentar Huawei. Dikutip detikINET dari Rabu (10/1/2014), produsen asal China ini mencoba peruntungannya memasuki pasar Negeri Ginseng. Untuk tahap pertama, Huawei memasarkan smartphone X3.


Spesifikasi Huawei X3 cukup tinggi, dengan layar full HD dan kamera 13 megapixel. Untuk penjualannya, Huawei bekerja sama dengan operator LG Uplus. Huawei menolak menyebut target penjualan, tetapi mereka yakin X3 akan disambut positif di Korea Selatan.


Selama ini penjualan ponsel di Korea Selatan dikuasai oleh vendor lokal. Tak tanggung-tanggung, angka penjualan ponsel lokal di Korea Selatan mencapai 92%. Dari angka itu, Samsung berada di puncak dengan 63%, diikuti oleh LG dan Pantech dengan 22% dan 7%.


Berkuasanya vendor lokal membuat merek populer seperti iPhone pun kurang diminati. Itu mungkin sebabnya Korea Selatan tidak dimasukkan Apple dalam pemasaran tahap pertama iPhone 6.

(fyk/tyo)