Cukup Rp 10 Ribu, Jepretan Fotografer Keliling Ciwidey Tetap Oke

Jakarta - Kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung terkenal dengan hamparan kawah putih kebiru-biruan. Banyak foto pre-wedding dihasilkan di sini meski belakangan mulai ditinggalkan sejak pengelola mengenakan tarif lokasi kelewat mahal, Rp 500.000/prewed.

Tetapi untuk foto-foto landscape dan liburan keluarga, Kawah Putih Ciwidey tetap favorit. Keindahan alamnya membuat tiket masuk senilai Rp 150.000/mobil tidak dihiraukan.


Sementara yang tidak ikhlas dengan tarif itu, masih bisa memarkir kendaraan di dekat pintu loket yang berjarak 5 km dari bibir kawah dan melanjutkan dengan kendaraan umum.


"Saya pernah ke sini tahun 2008. Sekarang tetap takjub," kata wisawatan asal Jakarta, Roslina yang pada akhir pekan lalu ke Ciwidey.


Dari sekian keunikan dan keindahan kawah putih Ciwidey, ada yang cukup mencuri perhatian. Yakni para juru foto keliling yang masih muda dan menjamur sejak pintu masuk di bibir kawah. Mereka menyebar merata hingga ke bagian tanah yang menjorok ke tengah kawah.


Jaket merah atau biru terang bertuliskan 'Canon' terlihat mencolok di antara para wisatawan. Dibahu para 'Mat Kodak' ini menyelempang tas 'Selphy' berisi mesin printer kecil untuk mencetak hasil foto. Tangannya menenteng foto ukuran 4R sebagai portfolio yang ditawarkan ke turis.


Next


(Ari/ash)