Pengembang Aplikasi Sambut Era 4G

Jakarta - Era seluler generasi keempat alias 4G sudah di depan mata. Menyongsong era internet mobile yang lebih kencang ini, para pelaku kreatif digital di Indonesia juga mulai ancang-ancang untuk menyambutnya.

Lolly Amalia Abdullah, Direktur Kerjasama dan Fasilitasi Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media Design dan IPTEK, menilai komunitas developer dan para pembuat aplikasi sudah sangat siap menyambut era 4G ini.


"Namun yang saya lihat justru infrastrukturnya yang belum siap," kata Lolly yang sempat lama berkarir di Kementerian Kominfo, dalam perbincangan usai peresmian Pusat Kreatif Digital Depok, Jumat (3/10/2014).


"4G itu bisa bagus, kapasitasnya bisa tinggi kalau dia diterapkan di kota dengan gedung-gedung bertingkat, karena itu memperkuat. Kalau kita taruh di Jombang misalnya ya gak ada gunanya. Karena daerahnya belum mendukung," paparnya lebih lanjut.


Lolly juga mengingatkan, kita boleh mengikuti bagaimana tren ke 4G, namun yang terpenting adalah kesiapan yang harus dipikirkan. Dikatakannya, akses internet lebih kencang akan menciptakan tren big data.


Lebih lanjut dijelaskan, ke depan orang akan tidak akan asing lagi berhubungan dengan segala dengan internet, bahkan komunikasi di antara mesin ke mesin pun akan banyak dipakai.


"Artinya ini kesempatan besar terbuka bagi teman-teman developer membuat apps. Jadi kalau saya rasa sih teman-teman gak akan ketinggalan," sebutnya mantap.


Ditambahkannya, berbagai kesiapan tersebut pun harus saling terintegrasi, baik dari komunitas developer, pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan yang menggelar jaringan akses internet cepat. Jika tidak, semua hanya akan berjalan sendiri-sendiri.


(rns/rou)