'Google Jauh Lebih Aman dari Apple'

Jakarta - CEO Apple Tim Cook menyindir kalau Google mengabaikan privasi penggunanya. Bahkan menjadikan user sebagai sasaran iklan. Bos Google merasa panas mendengarnya dan langsung membantah keras kritikan dari Cook.

Eric Schmidt, mantan CEO Google yang sekarang menempati posisi chairman, menyatakan kalau Google tidak melakukan hal-hal seperti yang dituduhkan oleh Cook. Bahkan Eric mengklaim layanan Google jauh lebih aman dari Apple.


"Tidak ada yang memberitahukan ke dia soal kebijakan Google dengan benar, sungguh sayang sekali," kata Eric yang dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (3/10/2014).


"Di Google, kami selalu menjadi pemimpin di sekuriti dan enkripsi. Sistem kami jauh lebih aman dan dienskrpsi dibandingkan yang lain, termasuk Apple. Mereka memang berusaha mengejar, yang merupakan hal bagus," kata Eric.


Cook sendiri ingin menekankan bahwa data pengguna Apple, seperti di layanan penyimpanan awan, ditangani dengan aman. Ia menegaskan data pengguna tidak akan dimanfaatkan Apple untuk jualan ke pengiklan. Ia pun menyindir pesaing seperti Google.


"Pengguna internet mulai menyadari bahwa ketika sebuah layanan online itu gratis, Anda sebenarnya bukan konsumen. Anda adalah produk itu sendiri," tulis Cook dalam sebuah surat terbuka. Surat itu ditujukan agar konsumen percaya layanan Apple tetap aman meski ada skandal foto bugil yang bocor via iCloud.


(fyk/ash)