Facebook: Media Sosial yang Jadi 'Pembunuh Massal'

Jakarta - Facebook adalah website fenomenal. Sebagai jejaring sosial, ia tidak juga terkalahkan dan menaklukkan semua rivalnya. Dengan jumlah pengguna di kisaran 1,28 miliar, Facebook populer di seluruh dunia.

Facebook digagas oleh Mark Zuckerberg, pemuda drop out dari Universitas Harvard, Amerika Serikat. Pemuda yang baru berusia 30 tahun itu kini terkenal layaknya selebritis. Zuckerberg masuk pula dalam daftar 10 orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Harta kekayaannya tembus USD 33,1 miliar.


Kisah Facebook memang tidak bisa dilepaskan dari Zuckerberg yang lahir 14 Mei 1984. Dia dibesarkan di Dobbs Ferry, New York. Pemuda berambut ikal ini memiliki tiga saudara. Ayahnya seorang dokter gigi dan sang ibu berprofesi sebagai psikiater.


Usia 11 tahun, Zuckerberg kecil mulai menulis pemrograman komputer. Dia memang dikenal sebagai anak cerdas dan masuk sekolah prestisius Philips Exeter Academy. Ia kuliah di salah satu universitas paling bergengsi di dunia, Harvard University.


Cikal bakal Facebook pun muncul. Zuckerberg meluncurkan Thefacebook.com dari kamar asramanya di Harvard, pada bulan Februari 2004. Ia menciptakannya bersama Dustin Mozkovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin.


Namun memang awal pendirian Facebook tidak berjalan mulus. Zuckerberg dituduh mencuri ide pembuatannya dari teman kuliahnya. Di tahun 2008, Facebook sepakat membayar saudara kembar Winklevoss dan Divya Narendra sebanyak USD 65 juta untuk penyelesaian kasus pencurian ide tersebut.


Drop Out Lalu Kaya RayaNext


(fyk/ash)