Android Dipastikan Berjalan di Mobil Honda

Jakarta - Ekspansi Android ke pasar otomotif dipastikan menuai hasil setelah pabrikan mobil Honda memutuskan bakal memakai platform 'sejuta umat' tersebut. Perusahaan asal Jepang tersebut akan mulai menggunakannya tahun 2015 mendatang.

Disebutkan produk mobil Honda yang akan pertama disematkan Android adalah model Civic 2015, Civic Tourer, dan CRV. Setelah diawali oleh ketiga model tersebut, untuk ke depannya Honda dilaporkan bakal menjadikan platform Android sebagai fitur standar pada kendaraannya.


Namun Google tak sendirian mengembangkan platform Android untuk mobil-mobil Honda, karena Nvidia juga digaet oleh Honda untuk menangani pengembangan di sisi perangkat.

Seperti dilansir Engadget, Jumat (3/10/2014), Nvidia disebut bakal membenamkan prosesor Tegra pada platform Android di mobil Honda.


Selain itu, nantinya platform Android tersebut juga akan dapat diakses penggunanya melalui layar 7 inch yang tentunya terpasang di bagian dashboard. Penggunaannya pun bakal sama persis seperti halnya menggunakan smartphone berbasis Android. Bahkan tak sekadar dapat memilih aplikasi, pengguna juga bisa melakukan zoom ataupun swipe pada layar tersebut.


Tapi jangan harap menemukan Android versi terbaru seperti KitKat atau hanya Jelly Bean, karena kabarnya platform Android yang akan dibenamkan pada mobil Honda masih akan berbasis Ice Cream Sandwich. Pun begitu tak menutup kemungkinan versinya bakal meningkat nantinya.


(yud/tyo)