Apple Membusungkan Dada di Kandang Samsung

Jakarta - Setelah meluncurkan iPhone dengan layar yang besar, Apple mulai menancapkan kukunya di negara Asia. Bahkan, perusahaan asal Cupertino ini sudah bisa membusungkan dada di kandang macan.

Maksudnya, Apple mulai memperluas pangsa pasarnya di Korea Selatan, yang notabene merupakan kandang LG dan Samsung. Karena menurut data CounterPoint, penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus melonjak drastis.


Tercatat, Apple mampu menguasai market share di Negeri Ginseng menjadi 33% atau naik lebih dari dua kali lipat sebelum meluncurkan duo iPhone besarnya.


Dengan pangsa pasar sebesar itu, Apple mampu menggeser LG di posisi kedua, dan terus menguntit di belakang Samsung. Saat ini, pesona Samsung memudar dari 60% menjadi 46%.


"Tidak ada merek asing yang mampu melampaui market share hingga 20% dalam sejarah industri smartphone Korea," kata Direktur Riset Counterpoint Tom Kang, yang dikutip detikINET dari Wall Street Journal, Rabu (22/1/2015).


"(Korsel) Selalu didominasi oleh pemimpin smartphone global, Samsung. Tapi iPhone 6 dan 6 Plus telah membuat perbedaan di sini," tandasnya.


(tyo/ash)