Komparasi Bodi BlackBerry 10 vs Bold 9900




BlackBerry Q10 (n4bb)


Jakarta - Platform BlackBerry 10 saat ini baru mengeluarkan satu jagoan yang bisa dicicipi di pasar, yakni seri Z10. Sementara untuk model qwerty, kita masih harus menunggu kemunculan BlackBerry Q10.

Namun Q10 sendiri sejatinya sudah dipamerkan secara resmi oleh BlackBerry, dengan tampil tanpa track pad, ia pun dipercaya akan menggantikan posisi Bold 9900 yang sudah lebih dulu hadir.


Lantas bagaimana jika keduanya -- BlackBerry Q10 dan Bold 9900 -- disandingkan. Siapa yang lebih keren?


Memang harus diakui, BlackBerry telah membangun keberhasilannya sebagai perangkat ergonomis populer lewat seri Bold, di mana model ini menjadi garis penjualan terbaik bagi perusahaan asal Kanada itu.


Setelah meluncurkan BlackBerry 10 sebagai platform terhebat mereka, namun apakah vendor ini benar-benar meninggalkan nuansa Bold yang sudah menjadi ciri khasnya?


BlackBerry telah mengubah susunan produk mereka, dengan sertifikasi lebih mewah lewat BlackBerry Z10 dan Q10. Pengguna tinggal memilih mau model full layar sentuh (Z10) atau bergaya klasik dengan qwerty (Q10).



Seri Q10 jelas mengusung berbagai peningkatan jika dibandingkan dengan seri BlackBerry lawas. Tetapi jika dilihat dari bodinya, sepertinya perubahan yang diusung tak terlalu radikal.


Memang sudah tidak ditemui trackpad di Q10 dan dimensi ponsel ini pun lebih besar ketimbang Bold 9900. Dan layar kedua perangkat tersebut memiliki fungsi layar sentuh juga.


Ketika Bold 9900 pertama kali diperkenalkan, ia menampilkan bezel stainless steel dan pintu logam baterai berkelok-kelok, yang menyerupai serat karbon. BlackBerry Q10 juga hadir dengan kesan mewah yang sama.


Meski sekilas serupa, BlackBerry Q10 sangat berbeda dalam hal estetika. Q10 masih tersemat bezel stainless steel, namun dalam nuansa warna hitam yang memberikan tampilan lebih elegan.


Bagian belakang Q10 terdapat fitur logam yang berkelok-kelok yang menjaga body dari goresan. Sedangkan keyboard pada BlackBerry Q10 memiliki desain lurus, bukan desain melengkung tradisional. Besar tombolnya pun 3% lebih besar dari Bold 9900, karena perubahan tersebut. Body Q10 terlihat sangat padat.


Bagi pengguna Bold, material dan tongkrongan Q10 sepertinya akan sangat cocok, karena pengguna akan merasa tetap menggunakan Bold namun dengan manfaat tambahan OS BlackBerry 10 di tangan. Namun Untuk memilikinya, Anda harus bersabar karena perangkat tersebut akan tersedia pada bulan April mendatang.



( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!