Uji Ketajaman Video dari 3 Ponsel Kelas Atas




Nexus 4, BlackBerry Z10 dan iPhone 5 (Sha/detikINET)


Jakarta - BlackBerry Z10, iPhone 5 atau Nexus 4 sama-sama bisa merekam gambar bergerak dengan resolusi full HD alias 1920x1080p. Namun hasilnya belum tentu sama, masing-masing handset memiliki metode sendiri saat pengguna merekam gambar.

Berikut hasil komparasi detikINET di antara ketiga ponsel kelas atas tersebut.


BlackBerry Z10


BlackBerry Z10 mempunyai kemampuan merekam video sama baiknya dengan mengambil foto. Asyiknya, pengguna bisa memilih hasil video antara kualitas 720p atau 1080p.


Termasuk beberapa opsi untuk mengatur lampu flash, fitur stabilization untuk mengurangi guncangan dan autofokus.



Saat detikINET menjajal merekam video kualitas 1080p dengan durasi 10 detik, didapatkan bitrate yang tak terlalu buruk tapi juga tak bagus-bagus amat, karena hanya sampai 15.8 mbps. Dengan ukuran file 21 MB, cukup memakan tempat.



iPhone 5


Apple memang memastikan bahwa pengguna iPhone dapat merekam vdieo dengan kualitas paling yahud, yakni full HD resolusi 1920x1080p. Tapi sayangnya, pengguna tidak diberikan opsi untuk memilih tingkat kualitas gambar mulai dari yang terendah hingga tertinggi.


Sehingga sudah pasti setiap pengguna merekam video maka hasilnya adalah kualitas full HD 1080p, tanpa bisa mengubahnya. Alhasil, gambar bergerak yang dihasilkan sangat baik.


Dari hasil merekam video selama 10 detik, file disimpan dalam format mp4, dengan bitrate sangat baik, yakni 17.4 mbps dengan kapasitas penyimpanan 20 MB.



Nexus 4


Merekam gambar full HD memang salah satu fitur yang ada pada Nexus 4, namun pengguna juga dibebaskan memilih beberapa resolusi yang tersedia. Total ada 3 pilihan, 480p, 720p atau yang paling tinggi 1080p.


Selain kualitas, ketiga pilihan itu juga akan mempengaruhi besarnya file hasil rekaman. Jadi pengguna harus bijak sebelum melakukan melakukan hal tersebut.


Saat dijajal detikINET hasil rekaman video menggunakan Nexus 4 di resolusi 1080p memang terbilang baik, file yang direkam akan disimpan dalam format mp4 dengan bitrate sekitar 11,9 mbps dengan ukuran file mencapai 13,9 MB untuk 10 detik rekaman.



Review 1: Menguak Fitur Andalan, Siapa Paling Jagoan?


Review 2: Adu Keren Fungsi Tambahan untuk Memotret


( eno / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!