Kian Terpuruk, Kodak Jual Bisnis Film Fotografi

Jakarta - Kemelut kebangkrutan masih diderita Kodak. Apa daya, mereka terpaksa menjual divisi imagingnya, di mana bisnis film fotografi termasuk di dalamnya.

Ya, perusahaan yang bermarkas di Rochester, New York itu telah mencapai persetujuan dengan Kodak Pension Plan (KPP) Inggris, yang tak lain adalah kreditor terbesar Kodak.


Persetujuan itu berisi penjualan dua divisi Kodak yang masih tersisa: Personal Imaging dan Document Imaging. Lewat penjualan ini, selain berhasil membayar kewajiban pada KPP senilai USD 2,8 miliar, Kodak juga akan menerima cash sebesar USD 650 juta dan aset-aset lainnya.


Nah, apa saja yang berada di bawah 'payung' divisi tersebut? Di bawah divisi Personal Imaging dilaporkan ada lebih dari 100.000 kios Kodak yang berlokasi di seluruh penjuru dunia, kertas fotografi, film fotografi hingga produk souvenir foto.


Sedangkan di divisi Document Imaging terdapat produk seperti scanner dan layanan serta software terkait, demikian seperti dikutip dari PetaPixel, Selasa (30/4/2013).


CEO Kodak Antonio Perez mengatakan bahwa persetujuan itu memungkinkan perusahaannya keluar dari jurang kebangkrutan selagi mereka bertransformasi menjadi perusahaan cetak komersil.


Sebelumnya, Kodak mencapai kesepakatan tentatif dengan Brothers Industries Ltd. terkait penjualan aset document-imaging. Namun, persetujuan tersebut belum disetujui oleh hakim pailit dan bisa dibatalkan jika Kodak berhasil mendapatkan transaksi seperti ini.


Menurut laporan yang diturunkan MarketWatch, KPP setelah itu berhak menjalankan bisnis dari Kodak itu atau menjualnya ke pihak lain.


Seperti diketahui, Kodak, perusahaan legendaris yang berusia lebih dari seabad ini mendaftarkan kebangkrutannya pada Januari 2012 silam. Sejak itu, mereka terus melakukan keputusan-keputusan berat, seperti menjual portfolio yang berisi 1.100 paten digital.


Tak luput, mereka juga terpaksa menghentikan produksi kamera digital. Sebuah ironi bagi perusahaan yang sejatinya penemu piranti tersebut.


(sha/ash)