Gaet UKM, PC Lenovo Dibekali Aplikasi Bisnis

Jakarta - Niat Lenovo untuk makin menancapkan kukunya pada segmen UKM di Indonesia tidak main-main. Hal itu dibuktikan oleh vendor China tersebut dengan menggandeng developer software lokal guna menghadirkan aplikasi pendukung bisnis yang disebut Lenovo Smart Business pada produk besutannya.

Lenovo Smart Business merupakan paket software akuntansi dengan tampilan user-friendly yang diklaim akan dapat membantu kalangan UKM guna mendukung operasionalnya. Misalnya seperti mengontrol arus kas hingga mengecek status inventori barang secara cepat dan akurat.


Dalam Lenovo Smart Business, pengguna bakal menemukan sejumlah modul akuntansi yang umum digunakan meliputi sales, inventori, cash/bank, general ledger, dan juga fixed asset.


Sedangkan dalam pengembangannya, Lenovo menggandeng developer software lokal di bawah naungan PT Smartsoft Solusindo yang merupakan salah satu mitra kerja Lenovo.


"Sektor terbesar pada segmen UKM dihuni oleh usaha retail, dimana sebagian besar masih menganut cara-cara tradisional dalam menjalankan usahanya. Melihat hal tersebut, kami secara pra-instal menghadirkan Lenovo Smart Business dalam produk kami. Tujuannya tentu agar pelaku UKM memiliki manajemen yang baik dalam menjalankan usahanya," tutur Irene Santosa, Director SMB Lenovo Indonesia, di FX Lifestyle X'nter, Jakarta, Kamis (2/5/2013).


Menariknya, meski diberikan secara gratis bersamaan dengan pembelian produknya, Lenovo tetap memberikan dukungan teknis guna mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi dalam penggunannnya melalui layanan careline yang disediakannya.


Tidak hanya itu, secara continuous, Lenovo juga akan tetap mengembangkan Lenovo Smart Business. Dengan begitu, pengguna Lenovo Smart Business tetap akan memperoleh update terbaru yang tentunya akan menghadirkan perbaikan fungsi yang lebih baik dari sebelumnya.


"Setiap masalah yang kami temui melalui layanan careline lewat telepon ataupun email akan kami analisa. Perbaikan masalah yang diterima lewat careline akan dihadirkan lewat update yang akan kami rilis secara continuous," tambah Irene.


Varian produk yang akan dibekali Lenovo Smart Business secara pre-instal di antaranya adalah:


- Desktop ThinkPad Edge E130, E135, E330 dan E430;

- Desktop ThinkCentre Edge 72 dan 92;

- Desktop All-in-One ThinkCentre Edge 62z, 72z, dan 92z;

- Notebook ThinkPad X230, T430, T430u, X1 Carbon, Twist;

- Notebook Lenovo V480/V480C, B480/B490 dan M490s.


(ash/ash)