Ini Negara Penghasil Pesan Sampah Terbesar di Dunia

Jakarta - Setelah mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi di bulan Februari lalu, pada Maret alur email sampah stabil di tingkat 70,1%. Nah, negara inilah yang mendominasi peredaran spam tersebut.

Dari seluruh spam yang ada, China masih menjadi pengirim spam terbanyak di dunia (25,8%). Sementara jumlah spam yang berasal dari Amerika Serikat naik tipis menjadi 17,3% dan menempatkannya menjadi pengirim spam terbanyak kedua di dunia.


Jika diakumulasikan, Amerika Serikat dan China mendominasi distribusi spam dunia dengan angka sekitar 43%. Negara ketiga penghasil spam ditempati oleh Korea Selatan (9,8%), diikuti oleh Taiwan (5%) dan India (3,4%).


Berikut adalah daftar negera penghasil spam terbesar di dunia berdasarkan laporan Kaspersky untuk Maret 2013, seperti dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (2/5/2013).



Negara pengirim spam terbanyak di dunia


Jika dirinci lebih lanjut, untuk negara pengirim spam terbanyak ke Eropa adalah Korea Selatan dengan kontribusi 36,8%. Di tempat kedua dan ketiga ada China dengan 11,2% dan Amerika Serikat 10,1%. Melengkapi daftar lima negara teratas adalah Italia 6,4% dan Vietnam 2,7%.



Negara pengirim spam terbanyak ke Eropa


Namun bila dilihat berdasarkan wilayah pengiriman, Asia menjadi penghasil spam terbesar di dunia dengan menguasai lebih dari setengah jumlah total spam pada Maret 2013 atau tepatnya 54,1%. Posisi selanjutnya ditempati oleh Amerika Utara (17,8%), lalu Eropa Barat (10,2%), Eropa Timur (9,4%), dan Amerika Latin (5,7%).



Wilayah penghasil spam terbesar


(eno/ash)