BlackBerry Cari Bibit Muda Pengembang Aplikasi

Jakarta - BlackBerry terus mendorong para pelajar tingkat SMU dan mahasiswa di Indonesia agar mampu mencari solusi mobile computing dari berbagai tantangan bisnis yang terkait teknologi.

Langkah ini ditempuh sang vendor asal Kanada melalui program STEM Innovation Camp yang digelar Junior Achievement Young Enterprise (JA-YE) Indonesia bersama Binus International School Serpong, serta kompetisi BlackBerry Fun Development bersama Institut Teknologi Bandung (ITB).


Untuk program STEM Innovation Camp, BlackBerry akan mencari 100 siswa SMU (usia 15-18 tahun) dari 10 sekolah di Indonesia yang akan diadu kebolehannya bersama 900 siswa dari 13 negara lainnya.


Didukung mentor dari pihak BlackBerry, para siswa akan mencari solusi dari berbagai tantangan bisnis terkait STEM alias Science, Technology, Engineering and Mathematics.


Tim pemenang dari Indonesia akan diikutkan ke level global dalam pertandingan final yang digelar online melawan tim dari negara lain pada 13 Juni 2013 mendatang.


"Kami bangga dengan program ini karena akan mengilhami generasi muda di masa depan untuk menggunakan inovasi, teknologi komputasi mobile, dan keterampilan bisnis untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata," kata Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia, Minggu (5/5/2013).


Selain menggelar kompetisi untuk level pelajar SMU, BlackBerry juga ikut mengadakan kompetisi untuk para pengembang aplikasi di level mahasiswa dan profesional. Disediakan hadiah puluhan juta rupiah dan BlackBerry Z10 dalam kompetisi BlackBerry Fun Development ini.


Bagi pengembang yang merasa belum puas dengan aplikasi yang ada di BlackBerry World, maka dalam kompetisi ini pengembang dapat mengembangkan aplikasi sesuai keinginan agar dapat dioperasikan pada platform BlackBerry 10 dengan tema Smartphone for Smart Society.


Lomba ini ditujukan kepada seluruh pengembang aplikasi se-Indonesia, khususnya bagi mahasiswa dan para pengembang aplikasi mobile profesional. Pendaftarannya masih dibuka hingga 1 Agustus 2013 mendatang via BlackBerry Innovation Centre ITB dengan alamat http://bbic.itb.ac.id/fundev atau email ke bbicitb@gmail.com.


(rou/tyo)