Unik! Film Ini Dibuat dengan Unsur Atom

Jakarta - Atom dikenal sebagai unsur paling kecil di jagat raya, guna meneliti batasan tertinggi yang bisa dicapai sebuah media penyimpanan, peneliti kerap mengakali unsur atom agar semakin rapat.

Dengan begitu, kapasitas media penyimpanan pun makin besar namun dengan ukuran komponen yang semakin kecil.


Hal tersebut sejatinya adalah keseharian bagi sejumlah peneliti di IBM. Namun kali ini hal berbeda dilakukan oleh peneliti tersebut, bukannya menemukan cara untuk makin merapatkan unsur atom guna makin meningkatkan kapasitas media penyimpanan, para peneliti di IBM malah memanipulasi unsur atom untuk membuat sejumlah gerakan animasi.


Alhasil gerakan atom yang berjumlah 242 frame tersebut berputar layaknya film. Bahkan IBM mengklaimnya sebagai film terkecil di dunia. Alasannya tentunya karena dibuat dengan tingkat skala atom dimana untuk melihatnya harus menggunakan mikroskop yang beroperasi pada suhu minus 286 derajat celcius.


Meski hasil akhir film berdurasi pendek tersebut tidak begitu mengagumkan, namun hal tersebut berhasil membuktikan bahwa sumber daya dan fasilitas yang dimiliki IBM untuk mengembangkan produknya memang tidak main-main.


Penasaran sepeti apa film yang dibuat dengan unsur atom oleh para peneliti IBM tersebut, simak video berikut ini.


(ash/ash)