Touit, Lensa Carl Zeiss Anyar untuk Pengguna Mirrorless

Jakarta - Pilihan lensa baru untuk kamera dengan sistem mirrorless datang dari Carl Zeiss. Setelah tahun lalu mengumumkan penggarapannya, kini Zeiss mengajak kita mengenal lebih dekat deretan lensa anyar berikut.

Adalah lensa 12mm f/2.8, 32mm f/1.8 dan 50mm f/2,8 yang ditujukan untuk X mount milik Fujifilm dan E mount dari Sony.


Zeiss memberi nama produknya 'Touit'. Diucapkan sama dengan kata 'do it, nama ini diambil dari nama Latin salah satu jenis burung beo. Bagi Zeiss, pengambilan nama tersebut dinilai tepat, mengingat burung memiliki penglihatan yang sempurna dan perspektif yang tidak biasa.


"Dengan seri Touit, kami memulai konvensi penamaan yang benar-benar baru," jelas Martin Dominicus, Head of Marketing Camera Lens Division Carl Zeiss. "Nama-nama ini juga akan memberikan identitas unik bagi jajaran lensa tersebut," tambah Dominicus di situs resmi mereka.


Zeiss Touit 12mm f/2.8 merupakan lensa wide angle yang memiliki cakupan pandangan 99 derajat dengan bodi yang kokoh. Lensa yang terdiri dari 11 elemen dalam 8 grup ini ditujukan bagi fotografi landscape dan architectural.



Sedangkan Zeiss Touit 32mm f/1.8 yang tersusun atas 8 elemen dalam 5 grup yang dibesut untuk kamera dengan sensor APS-C. Zeiss sendiri belum menggeber informasi lebih detail untuk yang versi 50mm.


Tak hanya menampilkan spesifikasi detailnya, Carl Zeiss turut menampilkan contoh-contoh foto yang diambil dengan lensa tersebut.


(sha/ash)