Foto Bugil Bocor di iCloud, Saham Apple Malah Naik

Jakarta - Respons negatif biasanya mempengaruhi saham sebuah perusahaan. Namun insiden hacking iCloud yang menyebabkan tersebarnya foto pribadi sejumlah selebritis papan atas Hollywood, rupanya tak banyak berpengaruh bagi Apple.

Pada penutupan perdagangan saham Selasa kemarin, hari ketika insiden ini terungkap jelas, saham Apple malah naik sekitar 1%. Meski tidak signifikan, namun kenaikan ini menandakan kepercayaan para investor.


Dikutip detikINET dari Mashable, Rabu (3/9/2014), pembesut iPhone ini sepertinya terbantu dengan sebuah kabar baik yang disukai para investor. Informasi bahwa Apple bekerjasama dengan Visa dan MasterCard untuk iPhone wallet, bisa sedikit mengalihkan perhatian.


Seperti diketahui, bocornya foto bugil Jennifer Lawrence dan sejumlah selebritis lain di iCloud menuai banjir komplain dan kritikan terhadap Apple. Sejumlah artis dan pengguna layanan cloud itu pun menumpahkan kekesalan mereka di Twitter.


Apple sendiri saat ini masih terus melakukan investigasi. Pihaknya mengklaim iCloud aman. Mereka tidak menemukan adanya peretasan di sistem Apple manapun, termasuk iCloud atau Find my iPhone yang diduga telah menjadi pintu masuk hacker mencuri koleksi foto pribadi.


"Sangat jelas, cara hacker mendapatkan foto-foto itu menggunakan cara lama. Seseorang yang sangat tahu selebritis yang menjadi korban. Password yang lemah yang disalahkan, bukan keamanan iCloud. Ini bisa terjadi pada siapa saja," ujar President of Creative Strategies Apple Tim Bajarin.


Ditambahkannya, Apple akan terus bekerjasama dengan penegak hukum untuk membantu mengidentifikasi para pelaku yang terlibat.


(rns/rou)