HTC Desire 820 Kangkangi Ponsel Kelas Atas

Berlin - Desire 820, ponsel Android 64 bit pertama yang dirilis HTC di gelaran IFA 2014 sejatinya disiapkan untuk mengincar segmen menengah. Namun sebuah pengujian menunjukan performanya bahkan mampu mengangkangi ponsel kelas atas yakni Galaxy Note 3 Neo.

Spesifikasi Desire 820 memang terbilang lumayan, ponsel yang juga mengincar penyuka selfie ini diumumkan mengandalkan prosesor snapdragon 615 dengan kemampuan komputasi 64 bit. Menariknya, prosesor yang diusungnya juga disebut memiliki 8 inti atau kerap disebut octa-core. Namun hal ini memang masih perlu dibuktikan.


Dibandingkan dengan Galaxy Note 3 Neo yang hanya dibekali prosesor Exynos hexa core, seharusnya Desire 820 memang menyodorkan performa lebih baik. Dalam uji internal HTC dengan menggunakan GFXBench T-Rex HD on-screen, ponsel tersebut menorehkan 25,7 poin, lebih tinggi dibanding Galaxy Note 3 Neo dengan skor 24,4 poin.


Hasil sama juga diraih pada pengujian GFXBench Manhattan on-screen. bahkan kali ini selisihnya sangat jauh dimana Desire 820 sanggup meraih poin sebesar 11,6. Sementara Galaxy Note 3 Neo harus mengaku kalah dengan raihan 4,7 poin.


Hasil benchmark ini memang masih bersifat sepihak dari HTC karena diperoleh dari data yang disodorkan oleh produsen Taiwan ini pada peluncuran Desire 820 di gelaran IFA 2014 di Berlin, Jerman (4/9/2014), seperti dilansir Phone Arena. Atau dengan kata lain, masih harus dilakukan pengujian secara independen untuk membuktikannya.


Kelebihan lain Desire 820 adalah kamera depan dengan kemampuan mumpuni yakni sebesar 8 MP. Itulah sebabnya HTC menyebutnya sebagai ponsel selfie. Spesifikasi lain yang diusungnya adalah kapasitas RAM sebesar 2 GB, layar dengan resolusi HD (1280x720 pixel) dan baterai 2600 mAh.


Desire 820 disebut akan mulai dipasarkan secara global pada akhir bulan September ini, namun banderol harganya sejauh ini belum diungkap. Pun begitu spekulasi yang beredar mengatakan ponsel Android 64 bit pertama di dunia itu akan dihargai tak lebih dari USD 450.


(yud/rou)