Dedengkot Hacker Diminta Bobol Situs Kampus Indonesia

Jakarta - Demi mendapatkan nilai bagus untuk lulus, seorang mahasiswa asal Indonesia ada yang mengirimkan email kepada dedengkot hacker agar mau membobol situs kampusnya dan kemudian mengedit nilai IPK-nya. Ada-ada saja!

Kisah ini diceritakan sendiri oleh Kevin Mitnick, hacker kawakan yang dimaksud. Perlu diketahui, Mitnick adalah seorang hacker ternama di masanya dan sempat dijuluki sebagai penjahat komputer paling dicari di Amerika Serikat.


Melalui akun twitternya, Mitnick pun bercerita bahwa ia baru saja mendapat email berisi permintaan untuk membobol situs database sebuah kampus di Indonesia. Berikut cuplikan isi emailnya:


"Excuse me Mr. Mitnick. I am from Indonesia. I have a request, can you help me to hack my university's website, for changing my university grade?? thanks" -- Raffy Nindyo.


Tak jelas apakah pengirim email yang menggunakan nama Raffy Nindyo ini benar-benar ingin mengganti nilainya, atau hanya sekadar bercanda dalam email tersebut.


Namun yang jelas,nama Raffy Nindyo menjadi terkenal. Itu karena Mitnick mempublikasikan screenshot email tersebut dan memposting gambarnya lewat Twitter. "Anyone want this client? I am too busy. LOL," tulis Mitnick.


Hingga Jumat (5/9/2014), postingan ini sudah difavoritkan oleh 317 akun, dan di-retweets oleh 983 pengguna. Itu belum termasuk jumlah akun yang membalas kicauan tersebut. Balasannya pun bermacam-macam, ada yang mencaci, mendukung, bahkan menertawakan.


Mitnick sendiri tampaknya hanya menganggap permintaan nyeleneh mahasiswa Indonesia ini sebagai bahan lelucon saja. Ia tentu tak mau merusak reputasinya untuk urusan remeh-temeh macam ini.


Pria yang dulunya seringkali terlibat dalam berbagai kejahatan yang berkaitan dengan dunia komputer ini sudah mempunyai perusahaan sendiri yang bernama Mitnick Security Consulting yang bergerak di bidang keamanan jaringan komputer.


(asj/rou)