Apa Fungsi Layar Lengkung di Galaxy Note Edge?

Berlin - Samsung memperkenalkan dua model Note sekaligus di IFA 2014 yang dihadiri langsung detikINET, yakni Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge. Galaxy Note Edge punya keunikan karena mengusung fitur layar lengkung di bagian sisi kanan handset, berdampingan dengan layar utama.

Layar melengkung ini memiliki beberapa kegunaan. Seperti menyediakan akses cepat pada aplikasi yang rutin digunakan dan berbagai informasi seperti berita. Layar melengkung ini bisa beroperasi secara mandiri sehingga tetap berfungsi meskipun layar utama dalam keadaan mati.


Karena melengkung, layar tersebut juga tetap dapat diakses meski handset dibalut dengan casing. Saat memutar video misalnya, layar lengkung tersebut akan menampilkan kontrol sehingga layar utama bisa seluruhnya digunakan. Demikian juga saat mengakses kamera, layar lengkung berfungsi sebagai pusat kontrol.


Samsung memang sudah cukup lama mengembangkan layar lengkung. Sebelumnya, handset Galaxy Round sudah mengimplementasikan teknologi ini. Kini akhirnya teknologi layar lengkung menyambangi handset flagship Samsung.


Samsung juga mempublikasikan SDK untuk menarik minat developer aplikasi agar memanfaatkan layar melengkung di Note Edge. Sehingga nantinya diharapkan fungsinya bisa bertambah banyak.


Adapun spesifikasi Note Edge identik dengan Galaxy Note 4. Sebut saja layar Quad HD, prosesor quad core 2,7 GHz, RAM 3GB dan kamera 16 megapixel. Dengan spesifikasi tinggi dan inovasi uniknya, Note Edge siap mengarungi ketatnya persaingan pasar smartphone.


(fyk/fyk)