Rekor! Facebook Mobile Tembus 1 Miliar Pengguna

Jakarta - Pertumbuhan Facebook saat ini mungkin cenderung stagnan. Bahkan kabarnya banyak pengguna yang sudah meninggalkan raksasa jejaring sosial tersebut. Namun nyatanya, jumlah penggunanya di mobile sepertinya masih terus bertambah.

Seperti detikINET kutip dari Android Headline, Rabu (3/9/2014), tercatat ada satu miliar pengguna yang menginstal aplikasi Facebook di perangkatnya. Pencapaian ini tercatat di Google Play Store. Dengan perolehan ini, Facebook di Android menjadi aplikasi non-Google pertama yang mampu menembus angka satu miliar.


Facebook bahkan mengalahkan sejumlah aplikasi Google sendiri seperti Chrome, Hangouts dan Google Search. Aplikasi populer Google seperti Gmail, Maps dan YouTube, ketiganya sudah mencapai satu miliar instalasi sebelum Facebook.


Angka yang mengagumkan. Namun di sisi lain sebenarnya tidak terlalul mengejutkan. Pasalnya, saat ini Facebook masih menjadi komunitas online terbesar. Jadi, cepat atau lambat pencapaian ini akan terjadi.


Facebook sendiri sepertinya memang kini lebih gencar di mobile, mengingat ranah ini menjadi tambang emas. Berkat permintaan mobile advertising yang begitu besar, pendapatan Facebook terus melesat.


Baru-baru ini Facebook melaporkan kenaikan pendapatannya. Dalam laporan keuangannya, Facebook mencatat pendapatan kuartal kedua USD 2,9 miliar, naik 61% dari USD 1,8 miliar di tahun lalu.


Adapun total pendapatan iklan hampir USD 2,7 miliar, naik 67%. Sementara iklan mobile tumbuh 151%, merepresentasikan 62% dari keseluruhan pendapatan iklan. Dengan ini, Facebook juga mengalahkan kompetitor terbesarnya, Google, dan memposisikan diri sebagai pemain nomor satu dalam urusan digital advertising.


(rns/rou)