Penjualan iPad Diprediksi Terus Melemah

Jakarta - Popularitas tablet PC disinyalir kian menurun, terutama di negara-negara maju. Apple iPad yang masih berstatus penguasa pasar pun kena getahnya, penjualan gadget ini diprediksi akan terus melemah berdasarkan riset dari IDC.

Menurut IDC yang detikINET kutip dari ComputerWorld, Selasa (2/9/2014), pengapalan tablet global hanya akan tumbuh 6,5% tahun ini dibandingkan tahun lalu. Ini merupakan angka revisi dari sebelumnya 19,4%.


iPad akan kena dampaknya, terutama karena di pasar yang jadi basis kekuatan mereka, yakni Amerika Utara dan Eropa, pertumbuhan pasar tablet melambat bahkan nol. Pertumbuhan akan terpusat di negara-negara berkembang di mana iPad kurang banyak terjual mengingat harganya cukup mahal.


"Pasar yang sudah dewasa seperti Amerika Utara dan Eropa Barat pertumbuhannya akan flat di 2014," ucap Jean Philippe Bouchard, direktur riset IDC.


iPad sendiri sudah menurun penjualannya sebesar 16% pada kuartal I 2014 dan sebesar 9% di kuartal II 2014. Tren anjloknya penjualan iPad diperkirakan terus berlanjut sampai akhir tahun ini.


Tim Cook selaku CEO Apple mengaku tak terlalu khawatir terhadap tren itu. "Kami masih merasa bahwa kategori tablet secara keseluruhan masih dalam tahap awal dan masih ada inovasi signifikan yang bisa dibawa ke iPad dan kami berencana melakukannya," kata dia belum lama ini.


(fyk/rns)