Tantang Android, Toshiba Bikin Tablet Windows Sejutaan

Berlin - Biasanya tablet PC murah didominasi oleh perangkat bersistem operasi Android. Namun hal ini sepertinya akan berubah, karena di IFA 2014 Toshiba telah meluncurkan sebuah tablet berbasis Windows 8.1 dengan harga USD 120.

Bahkan Toshiba kabarnya akan mendiskon tablet ini hingga menjadi USD 99 saat mulai dijual ke publik. Ini mungkin ada kaitannya dengan kebijakan Microsoft yang menggratiskan lisensi Windows untuk tablet dengan layar di bawah 9 inch.


Tentu jangan berharap banyak dengan speknya, karena Encore Mini --nama tablet ini-- memang tergolong perangkat low end. Prosesornya menggunakan Intel Atom Z3735G, dan layarnya menggunakan panel TN berukuran 7 inch dengan resolusi 1024 x 600 pixel.


Kinerja multi tasking-nya pun mungkin akan sedikit lambat, karena Encore Mini hanya mempunyai RAM sebesar 1 GB dengan internal storage sebesar 16 GB yang bisa diekspansi hingga 128 GB melalui kartu microSD.


Toshiba juga membundling tablet ini dengan layanan Office 365 dan penyimpanan cloud OneDrive sebesar 1 TB selama satu tahun.


"Kami bekerjasama dengan tim dari Microsoft untuk memaksimalkan pengalaman pengguna pada perangkat ini," ujar Carrie Cowan, Product Manager Toshiba, seperti yang dikutip dari PC World, Kamis (4/9/2014).


Meski murah, konektivitas Encore Mini ini cukup lengkap, ada WiFi 802.11n, dan dukungan untuk streaming video nirkabel dengan standardisasi Miracast.


Ada juga Bluetooth 4.0 yang bisa digunakan untuk terhubung dengan keyboard nirkabel atau aksesoris lainnya. Selain itu Toshiba juga membenamkan kamera depan dan belakang yang beresolusi 2 megapixel.


(asj/fyk)