Thinkstation P300, Workstation Jagoan Lenovo

Jakarta - Meski perangkat mobile seperti smartphone dan tablet lebih digemari konsumen, namun posisi PC masih belum seluruhnya dapat digantikan, terutama untuk penggunaan di kantor-kantor. Itu yang menjadi alasan Lenovo saat merilis PC Workstation terbarunya yang tampil lebih ringkas.

Seperti halnya kebanyakan workstation, perangkat yang diumumkan dengan sebutan Thinkstation P300 ini juga menonjolkan sisi performa yang diklaim sangat mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan bisnis perusahaan.


Thinkstation P300 dibekali pilihan prosesor Core i7 ataupun Xeon E3, dukungan kapasitas RAM hingga 32 GB melalui 4 slot yang tersedia, dan pilihan ukuran hardisk hingga 4 TB atau SSD hingga 256 GB.


Di sisi grafis, Workstation terbaru Lenovo ini mengandalkan Nvidia Quadro K600 dengan kapasitas memori 512 MB atau K4000 dengan memori sebesar 3 GB. Sedangkan untuk konektivitasnya, Thinkstation P300 menyodorkan 6 port USB 3.0, 2 port USB 2.0, card reader, firewire, eSATA, WiFi, dan bluetooth 4.0.


Namun di luar spesifikasi, yang terbilang menarik adalah dimensi yang diusungnya. Tak seperti workstation dulunya, Thinkstation P300 tampil lebih ringkas sehingga membuatnya lebih mudah ditempatkan karena tak membutuhkan space yang besar.


Dalam peluncurannya yang dihadiri detikINET di Entrada SCBD, Jakarta, Kamis (4/9/2014), Lenovo Thinkstation P300 sudah mulai tersedia pada bulan September ini dan ditawarkan dengan harga yang terbilang lumayan tinggi, yakni mulai dari Rp 15 juta.


(yud/rou)