Gear VR, Virtual Headset Pendamping Samsung Galaxy Note

Berlin - Samsung Galaxy Note 4 akan mempunyai aksesoris menarik sekaligus unik. Gear VR adalah virtual reality headset perdana Samsung yang merupakan hasil kerjasama dengan Ocolus.

Gear VR ini memang mengingatkan pada proyek Google Cardboard, headset VR murah meriah yang dapat menggunakan smartphone untuk memberikan pengalaman virtual reality 3D. Samsung Gear VR ini tentu saja berbeda dan jauh lebih lengkap.


Agak disesalkan adalah, Gear VR ini hanya kompatibel dengan Galaxy Note 4 saja. Smartphone Android lainnya, atau bahkan punya Samsung sendiri tidak bisa digunakan.


Seperti disaksikan detikINET langsung dari Berlin, Gear VR ini memiliki dual lensa yang berfungsi untuk memberikan efek 3D. Di bagian sisi tengah layarnya, terdapat dudukan untuk menaruh Galaxy Note 4.


Sementara itu d bagia sisi kanan terdapat trackpad dan tombol 'back' sehingga tak perlu lagi melakukan pengaturan secara manual. Di bagian atasnya terdapat tombol untuk mengatur fokus.


Ini sangat menarik, apalagi Samsung Galaxy Note 4 bisa disambungkan dengan kontrol game berbasis bluetooth. Sehingga pengguna seolah-olah bermain game langsung di dalam layarnya.


Gear VR kemungkinan besar akan hadir di musim gugur mendatang, namun belum diketahui berapa harga jualnya.


(tyo/tyo)