Lumia Denim Bikin Windows Phone Naik Kelas

Berlin - Suatu lompatan inovasi dilakukan Microsoft terhadap Windows Phone. Adalah Lumia Denim yang kini membuat Windows Phone jadi terdongkrak ke fase lebih tinggi.

Lumia Denim merupakan update firmware yang cukup signifikan. Ini adalah lanjutan dari versi Cyan dan pastinya membawa sejumlah fitur anyar dan bakal membuat handset Windows Phone jadi lebih canggih.


Perubahan yang diboyong Denim pertama datang dari Cortana. Ini merupakan asisten digital Windows Phone. Singkatnya, saingan Siri Apple di iOS dan Google Now di Android.


Di Denim, Cortana dipermak jadi lebih pintar dan tak sekadar fitur tanya jawab. Dengan upgrade algoritma yang telah dilakukan, Cortana digadang-gadang dapat menjadi asisten digital yang sesungguhnya dan dapat belajar untuk mengerti 'bosnya'.


"Hey Cortana," demikian panggilan awal untuk menyapanya. Sang asisten digital pribadi ini pun bisa dipanggil saat kondisi ponsel sedang idle.


Dalam demo yang dilakukan, eksekutif Microsoft coba untuk membuat suatu reminder untuk menceritakan tentang kota Berlin kepada anaknya saat telah sampai di rumah nanti. Nah, ketika hampir sampai di rumah, Cortana pun memberi pengingat tentang pesan ini.


Pasalnya, Cortana telah mengetahui lokasi rumah eksekutif Microsoft tersebut. Jadi langsung diintegrasikan dengan reminder yang telah dibuat.Next


(ash/fyk)