Terus Merugi, Vendor Ponsel Korea Ini akan Dijual

Jakarta - Persaingan industri smartphone semakin memanas. Vendor ponsel asal Korea Selatan ini menjadi korbannya. Mereka terus merugi sehingga dipastikan akan dijual ke pihak yang berminat.

Vendor dimaksud adalah Pantech, yang menempati posisi ketiga produsen ponsel terbesar di Korea Selatan setelah Samsung dan LG. Pantech juga memasarkan produknya di beberapa negara termasuk Amerika Serikat.


Seperti dikutip detikINET dari Cnet, Minggu (28/9/2014), Pantech merugi selama enam kuartal berturut-turut. Penjualan ponsel yang seret akibat ketatnya kompetisi menjadi biang keladinya.


Ditambah beban hutang yang sangat besar, Pantech semakin kelimpungan. Mereka pun mengajukan perlindungan dari kebangkrutan pada pengadilan Korea Selatan di bulan Agustus lalu.


Kini manajemen perusahaan sepertinya sudah menyerah dan memutuskan Pantech akan dijual kepada pihak yang berminat. Pembeli potensial kemungkinan berasal dari dalam negeri seperti Samsung, LG sampai Hyundai.


Tapi kabarnya juga ada peminat Pantech dari luar Korea Selatan. Micromax, produsen ponsel asal India, pernah mengutarakan ketertarikan untuk membeli saham Pantech. Gosip juga berkembang bahwa vendor asal China seperti Huawei, Lenovo dan Xiaomi berminat mengakuisisi Pantech.


(fyk/ash)