Jokowi Dilantik, Smartfren Tak Siapkan Jaringan Khusus

Jakarta - Usai dilantik jadi presiden, Joko Widodo rencananya akan pawai menuju Istana Negara dan Monas. Smartfren yang kantor pusatnya ada di sekitar wilayah itu mengaku tak mempersiapkan jaringan khusus untuk mengantisipasi lonjakan trafik.

"Kami selalu siap, apalagi di area pusat. Jadi tidak perlu lagi menyiapkan jaringan tambahan seperti mobile BTS," kata Merza Fachys, Direktur Jaringan Smartfren Telecom kepada detikINET, Senin (20/10/2014).


Demikian halnya disampaikan ‎Djoko Tata Ibrahim, Deputi CEO Smartfren Telecom. Meskipun mengakui telah bersiap-siap jika terjadi lonjakan trafik, tapi tidak ada penguatan khusus untuk menambah armada.


"Kita tidak ada penguatan khusus. Kapasitas kita mustinya cukup kalau buat voice sama CDMA 1X saja," jelasnya saat dihubungi lewat pesan instan terkait persiapan jaringan menyambut pelantikan dan pesta rakyat.


Imbauan untuk memperkuat kapasitas jaringan sebelumnya telah disampaikan oleh Kementerian Kominfo. Pasalnya, jaringan telekomunikasi dipastikan akan ikut padat karena masyarakat diperkirakan akan banyak turun ke jalan untuk memeriahkan acara pelantikan Jokowi.


Mulai dari tempat pelantikan di seputar gedung MPR/DPR, arak-arakan di sepanjang jalan utama, hingga kemudian ke istana negara, dan kemudian berlanjut ke acara pesta rakyat di Monas. Semua titik ini dipastikan akan mengalami lonjakan trafik.


Untuk lebih lengkapnya agar bisa mengantisipasi keramaian, berikut adalah jadwal Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla setelah dilantik dari pagi hingga malam hari:Next


(rou/ash)