4G akan 'Meledak' di 2015

Jakarta - Setelah resmi komersial di Indonesia, jaringan mobile 4G LTE diyakini masih perlu waktu untuk diterima masyarakat sampai akhirnya booming. Menkominfo Rudiantara memprediksi, ledakan 4G baru bakal benar-benar terjadi di tahun 2015.

Telkomsel jadi operator seluler pertama yang menggelar jaringan 4G LTE secara komersial. Rudiantara menyebut, Kominfo sengaja memberikan izin komersial 4G LTE agar operator bisa memberikan konten, melakukan edukasi ke masyarakat dan membangun ekosistem.


"Edukasi itu penting karena ada handset yang ternyata tak mendukung 4G LTE. Ini tugas customer service Telkomsel untuk menjelaskan, termasuk memberikan kartu pengganti. Ini pada akhirnya akan mendorong ekosistem seperti handset untuk menyediakannya di pasar," ungkap Rudiantara, saat meresmikan Telkomsel 4G LTE, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (8/12/2014).


Rudiantara mengakui bahwa Kominfo mendorong regulasi komersial 4G LTE. Memang sementara masih di 900 MHz, namun tak lama lagi akan digelar di 1.800 MHz dan kemudian 2,1 GHz.


"Kalau 2,3 GHz kan sudah ada yang punya. Tapi saya rasa, hype 4G LTE ini baru akan terjadi pertengahan tahun 2015 mendatang. Ini terkait ekosistem dan lain sebagainya," tambah Chief RA, sapaan akrabnya.


Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga juga menambahkan bahwa saat ini Telkomsel sudah menggandeng sejumlah vendor sebagai mitra strategisnya untuk menyediakan handset berbasis 4G LTE.


"Selain Samsung kami juga bekerja sama dengan vendor seperti LG, HTC, Sony dan vendor lokal lainnya," ucap Alex.


(tyo/ash)