'Bapak Video Game' Tutup Usia

Jakarta - Industri video game tengah berduka setelah kehilangan perintisnya. Adalah Ralph Baer, yang dikenal sebagai 'bapak video game' dan baru saja meninggal dunia dalam usia yang menginjak 92 tahun.

Lahir di Jerman pada tahun 1922 silam, Baer merupakan orang yang pertama kali menciptakan sistem konsol video game yang diberi nama Brown Box di tahun 1966. Mesin ini kemudian dikenal dengan nama Magnavox Odyssey yang mulai dijual secara komersil di tahun 1972.


Baer juga merupakan sosok penting dalam beberapa penemuan, seperti peripheral video game, light gun, dan permainan memori elektronik Simon, dan masih banyak penemuan-penemuan lainnya.


Tak heran, dengan keahlian dan beragam penemuan di bidang game tersebut, Baer telah meraih sejumlah penghargaan. Seperti National Medal of Technology dari Presiden George W. Bush di tahun 2006, Game Developers Choice Pioneer Award di tahun 2008, dan masih banyak lagi.


"Seandainya saya mendengarkan semua ocehan orang-orang 40 tahun lalu yang menyuruh saya untuk berhenti mengerjakan sesuatu yang tak ada gunanya atau kata-kata seperti 'kamu masih bermain-main dengan benda ini?' Mungkin kita tidak akan berada di sini pada hari ini," ujar Baer ketika mendapatkan Pioneer Award seperti yang dikutip detikINET dari Gamespot, Senin (8/12/2014).


(ash/ash)