Ericsson: Pindah ke 4G Itu Mudah, Tapi...

Jakarta - Layanan 4G LTE sebentar lagi akan hadir di Indonesia. Menkominfo Rudiantara berharap bisa mengkomersialkan layanan internet cepat itu mulai akhir tahun 2014 ini.

Namun dari segi teknis, ada pertanyaan berapa lama sebenarnya waktu yang dibutuhkan operator seluler untuk mengaktifkan layanan 4G LTE di BTS miliknya?


Ternyata proses tersebut tidaklah sulit. Menurut Ericsson, waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan layanan 4G di tiap BTS itu masih ada dalam hitungan jam.


"Sebenarnya sebagian BTS yang digunakan oleh operator itu sudah 4G ready, untuk mengaktifkan LTE-nya hanya perlu meng-upgrade software-nya, dan itu hanya butuh waktu beberapa jam," ujar Hardyana Syintawati, VP Marketing Communication Ericsson Indonesia kepada detikINET di Jakarta, Rabu (3/12/2014)


Meski waktu yang dibutuhkan terbilang singkat, namun prosesnya tak berhenti sampai di situ. Setelahnya masih dibutuhkan beberapa penyesuaian jaringan, dan itu harus dilakukan secara terus-menerus.


"Tapi setelah diaktifkan masih butuh penyesuaian, karena tiap BTS kan hambatannya macam-macam, seperti pohon dan gedung tinggi. Belum lagi soal traffic data, yang kadang bisa melonjak di satu titik," tambah Nana --panggilan akrabnya.


(asj/fyk)