Domain Rp 500 Juta .id Baru Laku Satu

Jakarta - Domain dua karakter .id memang memikat untuk dipinang. Namun lantaran biaya akuisisi mencapai Rp 500 juta, peminatnya pun masih sangat sedikit.

Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Bidang Sosialisasi dan Komunikasi Sigit Widodo mengatakan, pendaftaran domain terbatas apapun.id yang terdiri dari 2-4 karakter itu sejatinya pernah dibuka pada Oktober 2014.


"Namun karena banyak permintaan maka kita buka lagi pendaftaran khusus untuk domain 2-4 karakter dengan biaya khusus," ujar Sigit kepada detikINET, Selasa (21/1/2015).


Untuk mengikuti pendaftaran nama domain terbatas apapun.id, aplikan harus memenuhi persyaratan pembayaran yang terdiri dari biaya administrasi, biaya domain terbatas, dan biaya tahunan.


Biaya administrasi ditetapkan sebesar Rp 100 ribu dan biaya tahunan Rp 500 ribu. Adapun biaya domain terbatas dipatok sebesar Rp 2 juta untuk domain empat karakter, Rp 15 juta untuk domain tiga karakter. Sedangkan untuk domain dua karakter ditetapkan Rp 500 juta.


Khusus nama domain dua karakter, sampai saat ini ternyata baru terjual satu domain. Yakni ef.id yang merupakan milik lembaga belajar Bahasa Inggris, English First.


Menurut Sigit, harga domain terbatas .id yang dipatok PANDI dianggap sudah 'murah' jika dibandingkan negara lain. Di China misalnya, pengelola nama domain setempat melelang domain game.cn di angka USD 511.000 atau jika dirupiahkan mencapai Rp 6,1 miliar!


"Bahkan ada yang sampai USD 1 juta, jadi di negara lain harganya lebih gila lagi," lanjutnya.


Sebelumnya Sigit mengungkapkan alasan menetapkan harga tinggi untuk domain dua karakter.id untuk untuk menghadang laju para cybersquatter (penyerobot nama domain). Alasan lain karena dua karakter hanya akan membuat pilihan nama domain jadi lebih sedikit (terbatas).


(ash/fyk)