Smart TV Sony Dibenamkan Android TV

Jakarta - Di panggung Consumer Electronics Show (CES) 2015, CEO Sony Kaz Hirai mengumumkan bahwa lini televisi pintar buatan Sony akan terintegrasi dengan Android TV, platform Android yang dikhususkan untuk perangkat televisi.

Tak cuma itu, remote controlnya pun dibuat untuk memudahkan pengguna untuk bernavigasi, yang mempunyai bentuk seperti trackpad berukuran besar. Remote control tersebut juga dilengkapi dengan mikrofon, untuk memudahkan melakukan pencarian.


Seperti yang dilansir The Verge, Selasa (6/1/2015), ini bukan pertama kalinya Sony menggunakan platform buatan Google untuk perangkat televisi. Mereka sebelumnya telah mencoba Google TV, yang tak berhasil.


Setidaknya ada 11 televisi Bravia anyar yang diluncurkan oleh Sony dalam gelaran CES 2015 ini, dengan dimensi dari 43 hingga 75 inch. Beberapa di antaranya mempunyai ketebalan kurang dari 5 mm.


Untuk jajaran smart TV-nya, Sony menggunakan prosesor buatan sendiri yang diberi titel '4K Processors X1'. Namun sayangnya Sony tak menjelaskan secara detail kelebihan prosesor tersebut, melainkan hanya menyebut bahwa prosesor ini akan meningkatkan akurasi warna untuk panel Triluminos.


(asj/ash)