Trio Helikopter Canggih AS Unjuk Gigi

Jakarta - Militer Amerika Serikat dikenal dengan bermacam peralatan canggih, termasuk helikopter. Beberapa helikopter generasi baru telah dikembangkan negara adidaya itu, yang dibekali teknologi tinggi. Berikut tiga di antaranya yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

The Raider


Perusahaan Sikorsky yang dikontrak militer AS, mengembangkan helikopter generasi baru S-97 Raider. Raider ini begitu cepat, mampu melaju hingga 407 kilometer per jam yang berarti dua kali kecepatan helikopter konvensional.



Helikopter ini didesain mampu bermanuver dengan lincah, tangguh, sekaligus dapat beroperasi di lokasi yang sangat tinggi. Raider juga mampu membawa beberapa senjata untuk menyerang, seperti misil Hellfire dan roket 2,75 inch.


Kokpitnya mampu mengangkut dua pilot dan enam tentara. Dalam sekali isi bahan bakar, ia mampu terbang hampir tiga jam. Raider juga didesain tidak bising dan mampu beroperasi di situasi kurang mendukung, misalnya di suhu udara tinggi.


Helikopter ini telah dikembangkan sejak tahun 2010. Di masa depan, peran Raider diperkirakan sangat penting untuk mendukung operasi militer AS.


Bell V-280 Valor


Bell V-280 Valor adalah helikopter yang dikembangkan Bell Helicopter dan Lockheed Martin. Kecepatan dan daya jangkaunya mencapai dua kali lipat dibandingkan helikopter konvensional.



Untuk keperluan evakuasi medis, ia dapat menjangkau area lima kali lebih luas. Valor dapat menjangkau kecepatan 518 kilometer per jam. Ia menggunakan teknologi canggih bernama tiltotor generasi ketiga, sehingga bisa mendarat dan lepas landas secara vertikal.Next


(fyk/rns)