PC Masih Seksi

Jakarta - Meski menurut beberapa lembaga analisa, bisnis penjualan PC dan tablet secara global menurun, hal ini tak menyurutkan niat Dell. Perusahaan komputer asal AS itu justru masih melihat masa depan yang cerah untuk PC dan tablet di Indonesia.

"Indonesia masih jadi fokus pertumbuhan bagi Dell. Pangsa pasar di Indonesia memiliki posisi yang sangat penting di sekitar kawasan Asia Pasifik dan Jepang," ujar Catherine Lian, Managing Director Dell Indonesia ketika ditemui seusai peluncuran Dell Latitude 13 seri 7000 di Double Tree Hotel, Jakarta, Selasa (6/1/2015).


Lebih lanjut, Catherine optimistis menatap pertumbuhan bisnis PC Dell di angka 21% dari per tahunnya. Hal itu dibuktikan lewat laporan kuartal III untuk tahun fiskal 2014.


"Di Indonesia kami selalu mengalami pertumbuhan bisnis PC hingga double digit tiap kuartalnya pada tahun 2014," tambah Catherine.


Berkaitan dengan itu, data dari International Data Corporation (IDC) juga menyebutkan di kuartal yang sama terdapat peningkatan pengapalan perangkat komputer hingga 10%. Dell sendiri mengklaim posisi ke-5 di pasar PC Indonesia dan ke-2 secara global.


Maka dari itu, Catherine yakin jika pertumbuhan pasar komputer di Indonesia akan terus berlanjut di tahun 2015. "Karena penetrasi pengguna internet di Indonesia masih kecil, yakni hanya sekitar 5%, ini bakal menjadi peluang bagi industri komputer untuk tumbuh karena pada dasarnya komputer merupakan alat yang wajib digunakan untuk mengakses internet," pungkasnya.

(yud/ash)