Mencegah File 'Corrupt' di Memori Kamera

Jakarta - Setelah melakukan pemotretan saya ingin melihat hasil foto, namun sebagian dari foto tersebut tidak dapat ditampilkan muncul tulisan 'cannot display this file'. Tetapi setelah saya masukkan memori ke dalam komputer/PC foto tersebut dapat terbaca dan tidak ada masalah. Jadi apa yang bermasalah di kamera atau di memori saya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih (Frenda Dwi Baskoro)

Jawaban:


Error seperti itu biasanya dikarenakan data atau sistem file di kartu rusak/corrupt. Sehingga sulit dibaca oleh kamera atau komputer. Jika sering terjadi, kartu memori bisa rusak. Untuk mencegahnya berulang kembali sebaiknya mengunakan kartu dengan baik.


Berikut beberapa tips:


1. Jangan mematikan kamera saat kamera masih memproses dan menuliskan data ke memory card. Biasanya ada lampu indikator yang menyala.


2. Jangan melepaskan kartu memori saat file masih diduplikat ke komputer/laptop.


3. Jangan menghapus, memindahkan file saat kartu memori terhubung ke komputer.Next


(jsn/ash)
http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.