Apple Patenkan 'iPhone Bengkok'

Jakarta - Pekan ini, Apple mendapatkan 28 paten baru. Yang menarik, salah satunya adalah paten ponsel yang bisa dibengkokkan. Mendengar deskripsinya, mungkin publik akan langsung teringat dengan kasus iPhone bengkok beberapa waktu lalu.

Ya, isu iPhone bengkok atau disebut bendgate sempat mendera Apple. Kritikan pun mengalir deras dari berbagai arah. Termasul dari para rival yang memanfaatkannya untuk menyerang Apple.


Kala itu, beberapa pengguna iPhone 6 melaporkan ponsel mereka bengkok setelah ditaruh di kantong. Namun siapa sangka, Apple kini ternyata memang punya paten ponsel 'lunak' yang memungkinkannya dilengkungkan.


"Perangkat elektronik yang kaku akan rentan rusak jika terjadi sesuatu, misalnya terjatuh dan mengenai sebagian permukaannya. Karenanya, kemampuan perangkat elektronik ditingkatkan," demikian deskripsi paten Apple nomor 8.929.085 tersebut seperti dilansir PC World, Rabu (7/1/2015).


Paten tersebut menggambarkan sebuah perangkat elektronik fleksibel yang menggunakan display fleksibel dan komponen lain termasuk bagian internalnya yang juga mudah ditekuk-tekuk.


Apple punya ribuan paten, namun sebagian besar tidak pernah diwujudkan dalam sebuah produk. Menebak-nebak apa yang akan dilakukan Apple dengan patennya yang satu ini, mungkin saja perusahaan yang berpusat di Cupertino, California, Amerika Serikat itu akan membuatnya.


Pasalnya, ponsel lengkung dan gadget fleksibel sudah ada di pasaran. G Flex milik LG dan Galaxy Round dari Samsung misalnya, punya desain melengkung yang saat diluncurkan cukup menarik perhatian.


Akhir 2015, Samsung bahkan kabarnya akan merilis ponsel yang bisa ditekuk hingga setengahnya, mirip seperti sketsa yang tergambar di paten Apple. Nah, mungkin saja jika Apple membuatnya, maka pasar smartphone bakal ramai dengan perangkat fleksibel.


(rns/ash)