Trio Alumni Google Buat Kloningan Tablet Surface

Jakarta - Tiga alumni Google mencoba peruntungannya di dunia gadget. Jeremy Zhou, David Ko dan Ben Luk, adalah trio mantan insinyur Google yang mencoba membangun perusahaan teknologi sendiri bernama Jide Technology.

Setahun dibangun, trio ex-Google ini sudh berhasil menciptakan sebuah piranti yang merupakan hasil gabungan dari tablet dan laptop dan disebut ultra tablet.


Ultra tablet besutan mereka ini sekilas sangat mirip dengan Surface, tablet milik Microsoft berbasis Windows. Kemiripannya bisa dilihat dari keyboard magnetic yang menempel dengan bodi tablet.


Tak cuma itu saja, di dalam piranti buataan mereka ini, Jide Technology menyematkan software hasil besutan sendiri yang disebut Remix OS. Sistem operasi juga mirip dengan Windows, salah satu diantaranya adalah email client plus desain ala Metro.


"Kita tidak bisa berdiri diantara kelemahan dari tablet dan laptop di pasar saat ini dan kami ingin menggabungkan sesuatu tentang hal itu," kata perusahaan tersebut, yang detikINET kutip dari The Verge, Sabtu (10/1/2015).


Secara spesifikasi, tablet ini mempunyai ukuran layar 11,6 inch dengan resolusi 1920x1080 pixel, RAM 2GB dan prosesor Nvidia Tegra+1.


Rencananya tablet ini akan dijual secara terbatas di Amerika Serikat dengan harga mulai dari USD349 atau setara Rp 4 juta untuk model 16GB.


(tyo/tyo)