Hewlett-Packard Rilis PC Mungil Rp 2,3 juta

Jakarta - Kondisi pasar PC yang masih seksi didukung Hewlett-Packard (HP). Di gelaran Computer Electronics Show (CES) 2015, perusahaan Amerika Serikat ini merilis sepasang PC mungil yang salah satunya cuma dihargai Rp 2,3 juta.

PC mungil yang pertama diberi sebutan Pavilion Mini oleh HP. Meski punya desain imut, Pavilion Mini punya desain yang terbilang mumpuni. Prosesornya dibekali Intel Core i3 atau Pentium, dengan pilihan besaran RAM sampai 8 GB dan kapasitas hardisk 1 TB.


Untuk output display, Pavilion Mini menyodorkan port HDMI dan DisplayPort. Artinya PC mungil ini bisa menampilkan gambar pada dua layar sekaligus. Menariknya lagi, konsumsi dayanya juga diklaim sangat rendah yakni cuma sekitar 45 watt. Padahal dengan spesifikasi yang kurang lebih sama, bila di PC ukuran standar, dayanya bisa sampai 250 watt.


Sedangkan PC mungil yang kedua bernama Stream Mini. PC ini diposisikan di bawah Pavilion Mini karena spesifikasinya memang lebih rendah. Stream Mini dibenamkan prosesor Intel Celeron, RAM hanya 2 GB, dan hardisk SSD berkapasitas 32 GB.


Pun begitu, HP juga memberikan penyimpanan awan gratis sebesar 200 GB di layanan OneDrive, serta kredit USD 25 untuk membeli aplikasi dari Windows Store.


Penasaran harganya? Seperti detikINET kutip dari Mashable, Rabu (7/1/2015), untuk yang Pavilion Mini dibanderol cukup mahal yakni sebesar USD 399 atau sekitar Rp 5,1 juta. Sedangkan Stream Mini yang cukup menggoda karena cuma dihargai senilai USD 179 atau setara dengan Rp 2,3 juta.


Asyiknya, karena ukurannya yang kecil pengguna pun bisa dengan mudah memindah-mindahkannya. Selain itu, kedua PC mungil ini juga bisa membuat TV LED standar anda jadi sebuah smart TV ber-OS Windows 8.1.


Sayangnya masih belum ada informasi apakah keduanya bakal dijual di Indonesia atau tidak.


(yud/ash)