2015 Masih Soal Mobilitas, Medsos, Cloud dan Big Data

Jakarta - Lahirnya teknologi dapat mempermudah kehidupan manusia. Dan selama beberapa dekade, teknologi berkembang ke arah yang lebih pesat. Maka tak heran, jika teknologi menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat, terutama di Indonesia.

Dari penuturan Microsoft, terlihat jika telah terjadi tren teknologi yang beragam dan berbeda di Indonesia setiap tahunnya. Namun menurut Lucky Gani selaku Business Group Head Microsoft Indonesia hal ini tidak berlaku di tahun 2015.


"Tren teknologi yang terjadi di tahun 2015 tak jauh berbeda dengan tahun 2014 kemarin, dimana ada empat megatren yang meliputi mobilitas, media sosial, cloud, dan big data," ujarnya dalam acara peluncuran produk Dell terbaru di Double Tree Hotel, Jakarta, Selasa (5/1/2015).


Mobilitas dalam hal ini, kata Lucky, adalah penggunaan perangkat mobile seperti tablet, smartphone, dan laptop yang dapat menunjang produktivitas para pekerja mobile.


Begitu pula dengan pertumbuhan tren media sosial yang masih akan terus berlanjut di tahun 2015. "Masyarakat Indonesia ini pada dasarnya merupakan masyarakat yang senang bersosial. Inilah yang menjadi faktor utama pertumbuhan tersebut," paparnya.


Penggunaan cloud atau komputasi awan pun dikatakan bakal jadi suatu tren yang terus dimanfaatkan oleh tiap perusahaan maupun individu untuk menyimpan data-data miliknya. Dan yang terakhir, Lucky menyebutkan jika ada keterlibatan big data yang meramaikan tren teknologi di tahun 2015.


"Keempat ini menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dan menjadi hal yang sangat penting, sehingga bukan tidak mungkin jika dari keempat hal tadi, konsep BYOD (Bring Your Own Device) jadi hal yang mainstream," ia menandaskan.


(ash/ash)