Filosofi Pensil Patah untuk Charlie Hebdo

http://us.images.detik.com/content/2015/01/09/398/tembak2.jpgPetugas berwajib sedang melakukan penyelidikan di kantor Charlie Hebdo.


Paris - Peristiwa penyerangan media satir Charlie Hebdo di Prancis memang memilukan. Teriringi duka ada penyemangat untuk para korban dari pengguna media sosial seperti Instagram.

Dari banyak pesan yang disampaikan ada satu yang paling menyita perhatian adalah gambar satu ini. Pesannya sederhana tapi memiliki makna sangat dalam.


Gambarnya adalah sepotong pensil, pensil pertama yang utuh bertuliskan 'yesterday', pensil kedua patah bertuliskan 'today', dan pensil yang terbelah menjadi dua bertuliskan 'tomorrow'.



Menurut Lucillie Clerc, desainer grafis yang berbasis di London, Inggris, gambar tersebut sudah ada sebelumnya dan bukan khusus dibuat untuk peristiwa berdarah ini. Meski begitu dianggap masih sangat relevan. Demikian dilansir Mashable, Jumat (9/1/2015).


Sampai saat ini, pihak Kepolisian Prancis masih disebar untuk melakukan pencarian besar-besaran terhadap pelaku penyerangan media satir Charlie Hebdo.


Media ini memang terkenal satir sejak awal kemunculannya. Tercatat sejumlah selebritis, pemimpin agama dan tokoh penting lainnya menjadi bahasan satir mereka. Namun Charlie Hebdo membuat kontroversi saat memuat karikatur Nabi Muhammmad SAW.


(tyo/ash)