Seperti Inikah Windows Phone 10?

Jakarta - Windows Phone 10 sedang digarap. Microsoft diperkirakan akan menguak detailnya dalam beberapa pekan lalu. Namun sepertinya sudah ada sejumlah orang yang mencicipi versi awal OS anyar ini.

Di internet ramai beredar screenshot atau tampilan yang diposting situs Windows Phone Italy. Screenshot ini, seperti dilansir News Softpedia, Selasa (6/1/2015), kabarnya adalah Home Screen dan App List Windows Phone 10.


Pada screenshot pertama, hal paling mudah dikenali adalah adanya pembaruan Home Screen. Tampilan utama ini tampak lebih datar demi menyesuaikan pendekatan desain baru yang diadopsi Microsoft ketika Windows 8 datang.


Tampilan Home Screen menjadi lebih cantik. Namun di foto ini belum ada tanda-tanda akan adanya interactive live tiles yang semula disebut-sebut sebagai bagian dari perilisan Windows Phone 10.


Interactive live tiles memungkinkan pengguna melakukan beberapa hal bersamaan, seperti main game dan menghentikan musik tanpa harus membuka aplikasinya, melainkan langsung dari live tiles menggunakan built-in button.



Karena ketiadaan interactive live tiles, maka mudah bagi orang untuk menebak bahwa screenshot ini palsu. Namun tak jarang juga yang berpendapat ini adalah versi awal Windows Phone 10 yang masih dikembangkan dan kemungkinan akan ada live tiles pada akhirnya.


Perubahan lainnya yang mungkin diimplementasikan Microsoft adalah penambahan background support untuk app list. Jelas ini bukan sebuah peningkatan yang inovatif. Namun nilai tambahnya adalah membuat ponsel menjadi lebih personal dan membuat OS baru Windows Phone tersebut akan lebih menarik.


Belum ada konfirmasi apakah screenshot tersebut itu sungguhan Windows Phone 10 atau tidak. Publik masih harus menantikan pengumuman resmi dari Microsoft.


(rns/ash)