Windows 10 Segera Melenggang

Jakarta - Sebenarnya Windows 10 sudah sejak beberapa bulan lalu diumumkan oleh Microsoft. Tapi raksasa software ini menjanjikan baru akan merilisnya pada awal tahun 2015. Nah, Microsoft telah menyebar undangan untuk sebuah acara pada 21 Januari. Peluncuran Windows 10 kah?

Sayangnya dalam undangan tersebut tak ada informasi atau informasi yang detail. Yang ada hanya informasi bahwa Microsoft akan memberikan update terbaru soal Windows 10. Pun begitu, sederet media teknologi dunia meyakini undangan tersebut merupakan waktu peluncuran Windows 10 ke pasaran.


Selepas pengumumannya beberapa waktu lalu, Microsoft menyebar Windows 10 Preview pada konsumen untuk mendapatkan masukan. Dengan datangnya undangan ini bisa jadi proses tersebut telah rampung dan Windows 10 siap dilempar ke pengguna.


Tak seperti Windows 8 yang punya beberapa versi untuk tiap perangkat, Windows 10 nantinya hanya akan punya satu versi. Namun satu versi Windows 10 itu nantinya bisa berjalan di platform PC, tablet, maupun ponsel.


Menu start yang tadinya dihilangkan di Windows 8, akhirnya juga dikembalikan oleh Microsoft di Windows 10. Hanya saja desainnya kini dibuat seperti tampilan start screen pada Windows 8 yang kotak-kotak. Pengguna pun juga bakal bisa melakukan kustomisasi pada barisan kotak-kotak tersebut.


Tapi sepertinya tak hanya Windows 10 yang jadi kejutan Microsoft, karena seperti detikINET kutip dari Daily Mail, Rabu (21/1/2-15), raksasa software ini disebut juga akan mengumumkan browser pengganti Internet Explorer (IE).


Informasi yang beredar mengatakan pengganti IE akan punya nama Spartan. Disebutkan juga browser baru Microsoft itu desainnya akan mirip seperti browser Chrome milik Google, namun kecepatannya diyakini bakal lebih kencang dari IE.


(yud/ash)