Alasan iPhone Murah Hanya Sebatas Impian

Jakarta - Strategi harga murah banyak dilakukan vendor ponsel untuk memperbanyak penjualan. Namun sampai kini, tidak ada tanda-tanda Apple akan melakukan strategi serupa dalam penjualan generasi baru iPhone.

Lihat saja, generasi anyar iPhone, iPhone 5S dan 5C, harganya di atas Rp 7 jutaan. iPhone 5C yang awalnya digadang-gadang jadi produk murah ternyata tetap saja dijual mahal.


Mengapa Apple tetap kukuh jual mahal iPhone meskipun para pesaing, terutama vendor Android dan Windows Phone terus menekan harga? Berikut beberapa alasannya yang dihimpun dari berbagai sumber.


1. Dianggap Electronic Junk


Jika bos besarnya saja sudah menganggap ponsel murah adalah electronic junk atau sampah elektronik, tentu tak bisa diharapkan Apple akan membuat iPhone generasi terbaru dengan harga murah. Ya, Tim Cook sang CEO Apple pernah menyindir ponsel murah ibaratnya sampah.


"Selalu ada bagian besar untuk sampah di pasaran. Namun kami tidak masuk ke bisnis sampah itu," kata suksesor Steve Jobs tersebut beberapa waktu yang lalu.


"Ada segmen di pasar yang sungguh menginginkan produk yang bisa melakukan banyak hal untuk mereka dan saya ingin berkompetisi dengan gila bagi konsumen seperti itu," tambah Cook.Next


(fyk/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!