DirectX 12 Bikin Ngegame di Windows Phone Ngacir

Jakarta - Diumumkan beberapa waktu lalu oleh Microsoft, Application Programming Interface (API) terbaru DirectX 12 menjanjikan kinerja game yang lebih baik dan efisien pada OS Windows.

Begitu juga yang yang akan dirasakan oleh pengguna Windows Phone saat nantinya DirectX 12 mendukungnya.


Pernyataan kedua disampaikan oleh Qualcomm sebagai produsen chip yang banyak mempersenjatai perangkat Windows Phone. Menurutnya, Microsoft telah bekerja keras agar API DirectX 12 bisa sepenuhnya mendukung chip grafis Adreno milik Qualcomm.


Kerja keras tersebut pun diklaim berujung pada peningkatan kinerja yang signifikan berkat penggunaan core pada prosesor dan grafis yang semakin efisien. Ditambah lagi konsumsi daya yang juga semakin hemat sehingga baterai ponsel dapat bertahan lebih lama.


Sayangnya, pengguna masih harus menunggu cukup lama untuk membuktikan pernyataan Qualcomm tersebut. Sebab seperti detikINET kutip dari Phone Arena, DirectX 12 baru akan menyambangi platform Windows Phone paling lambat sekitar akhir tahun 2015.


Sementara itu, untuk saat ini pengguna Windows Phone masih harus bertahan dengan versi modifikasi DirectX 11 yang tertanam pada OS Windows Phone. Yang mana sebenarnya DirectX 11 pada Windows Phone hanya terbatas pada level ‘9_3’.


Dengan kata lain, sebenarnya tak ada satu pun fitur DirectX 11 pada Windows Phone, melainkan terkunci pada fitur DirectX 9.3 saja.


(yud/ash)