Facebook Caplok Pembesut Headset VR

Jakarta - Tak lama setelah mengakuisisi WhatsApp, Facebook kembali melakukan akuisisi yang cukup menyita perhatian. Ya, Oculus selaku pembesut perangkat headset Virtual Reality (VR) Oculus Rift resmi dicaplok raksasa jejaring sosial tersebut.

Oculus mulai terkenal melalui proyek yang dijalankannya melalui website kickstarter. Perusahaan ini mengembangkan sebuah headset VR yang berfungsi menggantikan tampilan pada layar televisi ke dalam head-mounted diplay yang dimilikinya.


Sebagai perusahaan yang lebih berkutat di dunia media sosial, banyak pertanyaan yang dilontarkan kepada perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg terkait keputusan akuisisi yang dilakukannya terhadap Oculus.


Apalagi Oculus Rift yang digarap Oculus sejatinya diciptakan untuk memberikan sensasi yang lebih nyata bagi gamer saat memainkan game kesukaannya. Tentunya hal ini sedikit meleset dari konsentrasi Facebook yang selama ini mendalami bisnis internet.


Namun apapun itu, seperti detikINET kutip dari Wired, Rabu (26/3/2014), akuisisi Facebook terhadap Oculus telah dipastikan dan menelan biaya sebesar USD 2 miliar. Adapun seluruh proses akuisisi ini dilaporkan rampung paling lambat akhir kuartal kedua tahun 2014 ini.


(yud/ash)