Penjualan BlackBerry 10 Masih Suram

Jakarta - BlackBerry masih belum berhenti digelayuti awan hitam. Kendati dalam laporan terbaru menyebutkan penjualan BlackBerry naik dari sebelumnya, tapi kondisi keuangan perusahaan masih 'merah'.

Sepanjang kuartal keempat lalu, BlackBerry mampu menjual sekitar 3,4 juta unit handset. Naik dari kuartal sebelumnya yang hanya sukses melego 1,9 juta unit BlackBerry saja.


Walaupun mengalami kenaikan, sejatinya proposi BlackBerry 10 masih tergolong kecil. Karena dari total penjualan, hanya 1,1 juta unit saja yang membeli handset dengan sistem operasi paling baru tersebut.


Dikutip detikINET dari Cnet, Sabtu (29/3/2014), memang BlackBerry masih kuat di penjualan dengan sistem operasi lama, khususnya di negara berkembang seperti di Indonesia.


Akibat lesunya penjualan handset BlackBerry tersebut, perusahaan asal Kanada itu masih membukukan kerugian sebesar USD 423 juta atau sekitar Rp 5 triliunan sepanjang kuartal keempat ini.


Kerugiaan itu sebetulnya jauh lebih sedikit, bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang bahkan mencapai USD 4,2 miliar. Saat itu, membuat penerimaan BlackBerry anjlok 55%.


(tyo/tyo)