Game Online Jadi Tumpuan Bisnis Digital XL

Jakarta - Pasar game online di Indonesia ternyata masih menarik untuk digarap. Bahkan bagi operator telekomunikasi seperti XL Axiata, game online mulai jadi salah satu tumpuan untuk mengeruk pendapatan dari segmen bisnis digital services.

"Tahun lalu kontribusi digital services terhadap pendapatan XL mencapai Rp 600 miliar. Digital Entertainment memberikan kontribusi pendapatan sebanyak 40%-50% yang 20% di antaranya berasal dari game," kata Chief Digital Services XL Dian Siswarini dalam keterangannya, Kamis (27/3/2014).


Divisi Digital Services XL terdiri dari Digital Entertainment, Mobile Finance, Mobile Advertising, Machine to Machine (M2M), Cloud Computing, serta Mobile Commerce.


Mengutip data IDC, Dian mengatakan pendapatan industri game tahun ini mencapai USD 150 juta dengan pertumbuhan 30% per tahun. Dari angka tersebut, kontribusi terbanyak berasal dari game PC sebesar 60%, berikutnya 36% berasal dari game Facebook, dan 4% dari mobile game.


“XL telah memiliki basis gamer yang lumayan dimana dari 25 juta pengguna game di Indonesia, sebanyak lima juta teridentifikasi sebagai pengguna XL,” klaimnya.


Melihat potensi yang besar ini, XL pun membuka payment gateway untuk mengakomodir para gamer membeli kredit game melalui layanan Xkoin yang menawarkan mekanisme pembelian game credit lewat potong pulsa dan voucher XL.


Manager Social Network & Games XL, Riskha Adam Muharadi menambahkan, gamer yang disasar XL untuk layanan payment gateway ini terdiri dari tiga kategori game, yakni mobile game, PC games, dan juga game di sosial media.Next





(rou/rou)