User Bertambah, Baidu Pede Incar Indonesia

Bandung - Baidu tampak semakin pede merambah pasar Indonesia. Mesin pencarian asal negeri Tiongkok ini mengklaim pengguna salah satu produknya meningkat sangat cepat.

Adapun produk yang dibanggakannya itu yakni Baidu PC Faster, aplikasi untuk mempercepat kinerja komputer. Dikatakan Iwan Setiawan, Marketing Manager Baidu Indonesia, jumlah pengguna Baidu PC Faster di Indonesia saat ini 4 juta orang.


"Angkanya dalam 3 bulan terakhir grow sampai 1 juta orang. Kami rasa itu angka yang besar dalam waktu yang cukup singkat," kata Iwan di acara media gathering Baidu di Ciwidey, Bandung.


Sejak resmi merambah Indonesia pada 2013, Baidu fokus memperkenalkan produk mobile dan desktop mereka. Masing-masing ada 4 produk desktop dan 4 produk mobile yang digebernya.


Untuk produk desktop, selain Baidu PC Faster ada Baidu Antivirus, akses mudah jelajah internet Hao 123 dan aplikasi penjelajah internet Baidu Spark Browser.


Di mobile, Baidu punya aplikasi penghemat baterai DU Battery Saver, Baidu Browser untuk mobile, aplikasi mempercepat kinerja ponsel DU Speed Booster dan aplikasi edit foto PhotoWonder.


Dikatakan Iwan, saat ini Baidu fokus mengenalkan produk. Dia mengklaim, banyak yang sudah menggunakan produknya namun tidak tahu kalau produk tersebut dibuat oleh Baidu.


"Yang penting kami menyajikan produk yang bagus dulu. Sebenarnya pengguna sudah tahu produk kami, mereka menggunakannya tetapi belum tahu kalau itu buatan Baidu. Nanti dengan sendirinya branding akan mengikuti," simpulnya.


(rns/yud)