Tolak Pernikahan Sejenis, CEO Baru Mozilla Dikecam

Jakarta - Tiga dari enam anggota dewan di Mozilla dikabarkan telah meninggalkan perusahaan pembesut Firefox tersebut pasca pengumuman Brendan Eich sebagai CEO Mozilla yang baru.

Ketiga anggota dewan tersebut, adalah mantan CEO Mozilla Gary Kovacs , Jhon Lilly, dan Ellen Sminof. Mereka memang sudah menyatakan mundur sebelum Eich diumumkan secara resmi ke publik.


"(Mereka mundur) Karena kehawatiran atas sumbangan Proposition 8," ungkap dewan direksi lainnya mengenai alasan mundurnya ketiga koleganya tersebut.


Proposition 8 adalah organisasi pembela larangan pernikahan sejenis di California. Undang-undang mengenai hal ini dicabut pada Februari 2012 setelah sebelumnya disahkan pada November 2012.


Tak hanya para anggota dewan, karyawan Mozilla pun mengecam mengenai sikap Eich yang mendukung pelarangan pernikahan sejenis. Bahkan, mereka marah setelah menduga Eich sempat menyumbang USD 1000 untuk organisasi tersebut.


Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (29/3/2014), sikap Eich tidak menunjukan visi Mozilla yang mendukung pada kebebasan dan ekspresi pada bersuara.


Sadar akan kontroversi mengenai sikap yang dibuatnya, Eich sempat memposting di blognya bahwa dia akan terus memajukan Mozilla tanpa memandang gender, suku, ras, dan orieantasi seksual.


(tyo/tyo)